MANUSIA PERTAMA YANG MENEMBUS KECEPATAN SUARA

Joseph Kittinger, Manusia Pertama yang Dapat Menembus Kecepatan Suara
Joseph William Kittinger II ( lahir 27 Juli 1928 ) adalah Kolonel pensiunan di Angkatan Udara Amerika Serikat dan Komando Pilot USAF. Tugas operasional awalnya adalah di pesawat tempur , ia berpartisipasi dalam Project Manhigh dan Project Excelsior pada tahun 1960 , menetapkan rekor dunia untuk skydive tertinggi dari ketinggian lebih dari 31 kilometer ( 19 mil ). Ia juga orang pertama yang menyebrangi Samudra Atlantik dengan balon udara.

Sebagai pilot pesawat tempur selama Perang Vietnam, ia sudah menghancurkan MiG - 21 jet tempur Vietnam Utara dan kemudian ditembak jatuh sendiri , menghabiskan 11 bulan sebagai tawanan perang di penjara Vietnam Utara . Pada tahun 2012 , pada usia 84 , ia berpartisipasi dalam Project Red Bull Stratos sebagai kapsul komunikator , mengarahkan Felix Baumgartner untuk memecahan rekor 31 kilometer -nya terjun bebas dari stratosfer bumi , melebihi terjun bebas atas namanya sendiri sebelumnya di tahun 1960.

Joseph Kittinger, Manusia Pertama yang Dapat Menembus Kecepatan Suara

 Berapa sih kecepatan suara (Mach)?Joseph Kittinger, Manusia Pertama yang Dapat Menembus Kecepatan Suara
Mach adalah satuan kecepatan yang umum untuk mengekspresikan kecepatan suatu pesawat terbang relatif terhadap kecepatan suara. Satuan biasanya ditempatkan sebelum angka pengukurannya seperti Mach 1.0 untuk kecepatan suara, Mach 2.0 untuk dua kali kecepatan suara. Angka sebenarnya kecepatan suara tergantung kepada tingkat tekanan dan suhu atmosfer. Pada suhu udara 0°C dan tekanan udara 1 atmosphere (atm), kecepatan suara adalah 1.088 ft/s atau 331.6 m/s atau 748 mi/h (pada ketinggian 2-3 kilometer)

For info : kecepatan suara akan semakin mengecil bila jarak antara suara dan permukaan bumi (tinggi) semakin besar

Berapa kecepatan Joseph William Kittinger saat melakukan aksinya?Joseph Kittinger, Manusia Pertama yang Dapat Menembus Kecepatan Suara
Kecepatan Joseph Kittinger saat terjun bebas mencapai 614 mph (988 km/jam) dimana ini melebihi kecepatan supersonik atau kecepatan suara. Dia membuka payung parasutnya di ketinggian 18.000 kaki (5.500 m).
Mari kita hitung menjadi satuan meter/second 988km/h = 988000/3600 = 274,444 m/s

For info : Penerjunan Joseph Kittinger hanya berbekal parasut dan tanpa dibantu oleh kendaraan/alat pemercepat

Apa penerjunan ini semata-mata hanya untuk menembus dinding kecepatan suara?Joseph Kittinger, Manusia Pertama yang Dapat Menembus Kecepatan Suara
Ternyata tidak loh gan, fungsi dari penerjunan ini untuk merancang baju luar angkasa generasi baru. Baju yang akan dikenakan dirancang khusus untuk melindungi si penerjun dari temperatur dan tekanan udara rendah serta tekanan gelombang kejut saat ia menembus dinding suara.
Selain itu, penerjunan ini juga dilakukan untuk mengembangkan metode penyelamatan diri bagi astronot yang mengalami masalah di ketinggian ekstrem serta memberikan informasi pada astronot dan turis luar angkasa menyangkut perluasan ‘zona aman’.

For info : sudah banyak loh yang menjadi korban dari riset penerjunan ini. Kalo agan bosen hidup silahkan daftar aja ya ke USAF


baca juga: EXPERIMEN BERBAHAYA YANG OBJEKNYA MANUSIA

No comments:
Write komentar