EXPERIMEN BERBAHAYA YANG OBJEKNYA MANUSIA

Ketika sebuah prestasi besar berhasil digapai kemungkinan ada pengorbanan besar juga yang terjadi. Termasuk prestasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Entah disengaja atau tidak, kadang manusia menjadi “tumbal” dalam keberhasilan sebuah eksperimen teknologi baru.
Sejarah mencatat banyak negara sudah melakukan percobaan dengan manusia sebagai obyeknya. Apa yang terjadi setelah itu? tentu efek negatif yang berkepanjangan dan berujung pada kematian. Tim ahloo menemukan sembilan peristiwa eksperimen yang melibatkan manusia di dalamnya. Setelah ini kamu mungkin akan ragu apakah orang-orang yang melakukan percobaan ini masih pantas digolongkan sebagai manusia.


1. Project 4.1
Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaPemerintah AS pernah melakukan ujicoba bom nuklir di sebuah pulau bernama Bikini Atoll. Tanpa mereka sangka, radiasi bom nuklir itu melebihi batas yang mereka perkirakan. Akibatnya banyak penduduk di dekat lokasi pulau yang terpapar radiasi hingga beberapa keturunan mereka.


2. Membuat rektor nuklir di bawah lapangan bola
Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaEnrico Fermi seorang ilmuwan yang terlibat dalam proyek Manhattan bertanggungjawab apabila reaktor nuklir yang ia bangun meledak atau kecelakaan. Pasalnya, reaktor nuklir itu bangun di bawah tribun stadion sepak bola milik Universitas Chicago.


3. Project MKUltra- CIA
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaCIA pernah melakukan ujicoba pada narapidana, wanita tuna susila, warga sipil, dan personil militer tanpa seizin mereka dengan memberikan dosis LSD tingkat tinggi. Itu adalah eksperimen dimana CIA mencoba untuk mengendalikan pikiran manusia dalam proses investigasi mereka.


4. Kematian 10.000 orang karena keracunan alkohol
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaPresiden AS, Coolidge ingin mengendalikan konsumsi alkohol di lingkungan masyarakat. Ia lalu memerintahkan pabrik alkohol untuk menambahkan cairan kimia yang membuat aroma alkohol menjadi tidak enak sehingga orang malas untuk mengkonsumsinya lagi. Dosis cairan ternyata berlebihan dan menyebabkan 10.000 orang tewas setelah menenggak alkohol.


5. Eksperimen Plutonium- The Demon Core
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaLuis Slotin seorang peneliti bidang nuklir membuat ujicoba dengan bahan radioaktif, Plutonium. Tak disangka selama proses ujcoba terjadi kecelakaan yang membuat fisi nuklir mulai bereaksi. Bahan radioaktif itu lalu mengenai dirinya sendiri dan ia pun meninggal 24 jam setelah peristiwa itu.


6. Lima orang berdiri di bawah ledakan bom atom
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaLima tentara angkatan udara AS dan satu orang fotografer menjadi relawan yang harus siap mati. Mereka berdiri di bawah 2 kiloton bom atom yang siap meledak untuk membuktikan apakah ada radiasi yang terpapar dengan jarak 3 mill dari bom.


7. Eksperimen terhadap anak yatim piatu
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaDr Johnson dari Universitas Iowa memilih 22 anak yatim untuk studi terapi wicaranya. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh umpan balik pada anak yang gagap. Setengah dari anak-anak mendapat pujuan ketika ketika memberikan respon positif dan setengah lainnya ditegur dan dihukum ketika gagak.


8. Eksperimen sadis oleh militer
8 Eksperimen Berbahaya yang Melibatkan ManusiaPara dokter Nazi pernah melakukan eksperimen mengerikan. Tubuh anak-anak kembar digabungkan dengan cara dijahit untuk membuat manusia kembar siam. Lalu ada pula suntik malaria kepada pasien untuk mengetahui efek dari obat yang mereka berikan setelahnya. Hal seperti ini juga pernah terjadi di unit militer Jepang yang dikenal dengan Unit 731. Mereka sengaja menginfeksi orang dengan Gonore dan Sifilis untuk mempelajari alasan di balik penyebaran penyakit itu.


sumur
baca juga: MANUSIA PERTAMA YANG MENEMBUS KECEPATAN SUARA

No comments:
Write komentar