BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK

Tau kan harga bahan bakar minyak bersubsidi yang kini sudah mengikuti harga minyak dunia memang menjadi dilema untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menunggu hingga harga turun, baru kemudian mengisi BBM.

BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK
Biasanya, di saat harga BBM turun, pengunjung Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) jumlahnya membludak. Mereka berbondong-bondong mengisi tangki kendaraan mobil hingga mencapai bibir lubang pengisian bahan bakar, agar tidak perlu lagi melakukan pengisian hingga beberapa waktu ke depan.
BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK
Sayangnya, kebiasaan mengisi tangki bahan bakar hingga penuh sama bahayanya dengan mengendarai mobil atau motor dalam kondisi tangki bensin kosong, karena hal itu berbahaya dan kalian tahukan kalau bahan bakar itu butuh udara, agar tidak mengendap, disarankan agar stop melakukan pengisian setelah bunyo " Plop " pertama dari mesin SPBU dan membiarkan tetap ada space antara bensin dan leher tangki. Bunyi "Plop" disaat otomatis noozle selang stop sendiri karena pengisian sudah mau penuh dan Ini alasan lebih rincinya:

Proses penguapan yang percuma
BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK
Bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU, sehingga sebagian bensin yang kita bayar akan kembali masuk ke tangki SPBU. Hal ini terjadi karena mesin pengisian bahan bakar modern sudah dilengkapi dengan penghisap uap bensin. Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah penuh, maka penghisap akan otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil atau motor
Pembakaran Membutuhkan Udara
BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK
Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma

Uap yang menguap itu berbahaya buat kesehatan
BAHAYA ISI BENSIN DENGAN FULL TANK
Uap bensin sangat berbahaya untuk kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menjadi faktor penyumbang polusi udara. Jangan lupa, setiap bensin yang tumpah saat pengisian BBM yang berlebihan, harus Anda bayar juga.

No comments:
Write komentar